Tuesday, April 11, 2006 | 6:18 PM

Dipatok oray


Kendala bhs sunda ini yg bener-bener jadi pengalaman yg tak bisa aku lupakan.kejadiannya sekitar 1 minggu setelah aku mulai praktek di rumah.

Pagi hari, sekitar jam 9 datang seorang Ibu yg tergopoh-gopoh datang ke tempat praktek.
Pasien : "Dokter, abdi teh dipatok oray"
Aku diam saja liat ekspresi muka yg ketakutan sambil memegang tangannya,...duh denger kalimatnya juga udah nggak ngerti apalagi maksudnya.
Akhirnya dgn kalem ke Puskesmas yg jaraknya cuma sekitar 5 meter didepan rumah, sambil malu-malu kucing aku tanya ke salah satu perawat, "Bu, oray itu apa artinya ?",...ular Dok, dipatok oray meureun,....enggal Dok, itu teh dipatok ular,...Haa???!!!!!

Dengan secepat kilat aku balik ke tempat praktekku dan memeriksa pasien itu, terutama 5 tanda vital (kalor, rubor, dolor, dsb), sementara gak papa cuma bengkak dikit, berhubung gak punya ABU (anti bisa ular) baik ditempat praktek maupun di Pkm, akhirnya pasien itu aku rujuk ke Pkm lain yg paling dekat dgn Cibalong, setelah sebelumnya aku ngecek perihal ABU di Pkm tsb.Alhamdulillah, sebuah pengalaman berharga buatku, makanya yg giat donk belajar bhs Sundanya !


Image hosted by Photobucket.com

0 comments